- ALUR PENDAFTARAN RAWAT JALAN
- PASIEN RAWAT JALAN CASH (BARU)
- Pasien menuju pendaftaran dan mengambil nomor antrian
- Pasien mengisi formulir pendaftaran
- Pasien memperoleh kartu berobat RS Muhammadiyah Taman Puring
- Pasien baru dipersilahkan menunggu di poliklinik yang dituju
- PASIEN RAWAT JALAN CASH (LAMA)
- Pasien menuju pendaftaran dan mengambil nomor antrian
- Pasien dipersilahkan menunggu di poliklinik yang dituju
- Atau pendaftaran dapat dilakukan via telepon dan wa, dengan menyebutkan nama lengkap, nomor kartu, dokter yang dituju, dan jadwal berobat kepada petugas
- PASIEN RAWAT JALAN JAMINAN (BARU)
- Pasien menuju pendaftaran dan mengambil nomor antrian
- Pasien memperlihatkan kartu jaminan dan tanda pengenal
- Pasien mengisi formulir pendaftaran
- Pasien memperoleh kartu berobat RS Muhammadiyah Taman Puring
- Pasien baru dipersilahkan menunggu di poliklinik yang dituju
- PASIEN RAWAT JALAN JAMINAN (LAMA)
- Pasien menuju pendaftaran dan mengambil nomor antrian
- Pasien memperlihatkan kartu jaminan dan kartu berobat RS Muhammadiyah Taman Puring
- Pasien dipersilahkan menunggu di poliklinik yang dituju
- Atau pendaftaran dapat dilakukan via telepon dan wa, dengan menyebutkan nama lengkap, nomor kartu, dokter yang dituju, jadwal berobat dan jaminan yang digunakan kepada petugas.
- ALUR PENDAFTARAN RAWAT INAP
Alur pasien masuk :
- Menerima surat pengantar rawat dari UGD/Poliklinik/kiriman Bidan
- Administrasi rawat inap melakukan prosedur penerimaan pasien :
- Memberikan informasi perkiraan biaya dan uang muka
- Melengkapi surat penanggung jawab pasien
- Mengarahkan pasien untuk membayar uang muka
- Koordinasi dengan ruang perawatan
- Melengkapi Data Pasien ke dalam Kartu Pasien
- Mencatat nama pasien ke dalam papan daftar pasien rawat inap
- Memasukan data ke aplikasi komputer
- Khusus Pasien Tanpa Uang Muka maka harus lapor dan menanyakan mengenai penjaminan ke Bidan yang bersangkutan
- Untuk pasien jaminan/asuransi :
- Mengetahui perkiraan biaya tindakan
- Meng-input data Asuransi/Jaminan Pasien sesuai dengan yang tertera pada kartu Asuransi / Surat Jaminan
- Melaporkan dan mengecek ke pihak asuransi manfaat yang dimiliki pasien
- Petugas mobile mengantar ke ruang perawatan sesuai kasus dan kelas yang dipilih
- Petugas diruangan melakukan prosedur penerimaan pasien baru
- Dokter ruangan memeriksa pasien, mengisi rekam medis dan mengkonsultasikan ke Dokter yang merawat (DPJP)
- Pasien mendapat therapi dan perawatan yang memadai
Alur pasien keluar :
- Pasien dinyatakan boleh pulang oleh DPJP
- Petugas ruangan menginformasikan ke bagian administrasi
- Petugas administrasi menginformasikan ke billing
- Petugas billing menyiapkan rincian tagihan dan berkas pengesahan
- Administrasi rawat inap menyerahkan berkas tagihan
- Kasir menerima pembayaran, pasien menerima tanda lunas dan kwitansi
- Petugas adm menerima tanda lunas & mennyerahkan rincian biaya, jika pembayaran Cash diberikan rincian asli dan jika dengan jaminan diberikan copy-nya saja
Petugas ruangan melakukan prosedur pasien pulang